5 Rekomendasi Situs untuk Buat CV Menarik

Yoan
by Yoan
May 28, 2019 pada 3:39 PM

Membuat CV yang menarik merupakan sebuah langkah awal untuk kamu bisa diterima perusahaan yang sudah kamu inginkan dan banyaknya CV yang harus di-review oleh rekruter kadang membuat mereka lebih cenderung melihat penampilan luar CV sebelum isinya.
Untuk membuat CV kreatif kamu bisa membuat CV online agar lebih mudah dan rapi.

Berikut ini ada 5 situs yang dapat membantu kamu membuat CV yang akan menarik hati rekruter.

1. ResumUP

ResumUp adalah salah satu situs yang direkomendasikan oleh banyak profesional. Selain dapat membuatkan CV yang kamu inginkan dalam waktu singkat, fitur ResumUp juga memungkinkanmu untuk memiliki CV yang unik. Tampilannya bisa terdiri dari ikon-ikon, serta dilengkapi oleh rating atau grafik yang menggambarkan latar belakang pengalaman dan kemampuanmu. Variasi template CV yang tersedia di ResumUp dapat digunakan, baik untuk CV formal maupun kreatif. Sangat membantumu untuk membuat CV yang sesuai dengan kepribadianmu loh.

2. CV Maker

CV Maker merupakan salah satu situs membuat CV online gratis yang terkenal dengan kemudahan fiturnya. Menghadirkan lebih dari dua juta template CV, situs ini menawarkan banyak pilihan bagi penggunanya. Meski sederhana, namun CV yang dihasilkan tetap menarik. Untuk menggunakan fitur CV Maker sepuasnya, kamu tak perlu repot-repot mendaftar, melainkan cukup masuk menggunakan akun Facebook saja.

Kamu juga bisa menghubungkan akun Facebook dan LinkedIn-mu kemudian, CV Maker akan menyelaraskannya dengan riwayat hidup kamu. Dengan website ini, kamu bisa mengekspor CV kamu ke dalam format file PDF, HTML, dan juga TXT. Kelebihan lainnya adalah kamu tidak perlu mendaftar dan mengeluarkan biaya apapun untuk menggunakan CV Maker.

3. Kick Resume

Butuh CV kreatif dalam waktu singkat? Kick Resume dapat membantumu mewujudkannya. Hanya dengan mengisi data diri dan biografi, CV cantik kamu akan jadi dalam beberapa menit saja, tentunya dengan template yang menarik. Kamu bahkan dapat memindahkan data diri dari LinkedIn untuk selanjutnya diubah oleh Kick Resume ke dalam format CV kreatif.

Selain menyediakan template CV, kamu juga bisa membuat cover letter yang menarik di Kick Resume. Kalau kurang puas dengan template yang telah disediakan, kita bisa mengganti warna dan font sesuai dengan yang kita inginkan loh!


4. Kinzaa

Sebelum memulai membuat CV yang menarik, kamu harus terlebih dulu mengisi profilmu. Profil ini nantinya akan terintegrasi dengan resume yang akan kamu buat. Kinzaa memiliki template yang berbeda dari yang lain yaitu terdapat header dimana memungkinkan kamu menaruh foto dibagian kiri atas resume milikmu. Foto tersebut adalah foto yang sebelumnya telah kamu masukkan ke profil.

Kinzaa juga memiliki beberapa fitur menarik lainnya seperti mengunduh video tentang diri kamu. Selain itu, dalam bagian “Skills“, kamu juga bisa menggunakan slider untuk menampilkan level keahlian kamu.  Dalam bagian “Personality” memungkinkan kamu untuk menulis tentang apa yang kamu cari dalam pekerjaan, seperti apa yang kamu harapkan dari perusahaan yang nantinya akan merekrut kamu. Sangat berguna agar recuiter lebih memahami karakter kamu.

5. Canva


Nama situs yang satu ini cukup dikenal, terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa. Pada dasarnya, Canva merupakan sebuah situs yang menyajikan beragam template desain grafis secara gratis. Jadi, situs ini tidak dikhususkan untuk pembuatan CV saja. Meski demikian, Canva tetap cocok direkomendasikan untuk kamu yang ingin membuat CV, khususnya CV kreatif.

Canva punya banyak sekali pilihan desain, foto dan ikon yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu hanya perlu melakukan drag and drop ke sejumlah elemen gambar di template yang kamu pilih, mengeditnya, kemudian mengetik ulang format isinya untuk mempercantik tampilan CV-mu.