5 Hal yang Membuat Sales Adalah Pekerjaan yang Keren

Pandu
by Pandu
Oct 02, 2018 pada 6:20 AM
Kategori: Sales

Istilah sales mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Biasanya, istilah ini digunakan pada orang yang pekerjaannya memasarkan produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Pekerjaan tersebut menuntut seorang sales untuk terjun ke lapangan dan berhadapan langsung dengan konsumen atau calon pelanggan.

Meskipun menawarkan peluang karir yang bagus, masyarakat kita masih banyak yang menganggap sepele pekerjaan sales. Padahal, jika diulas lebih dalam, pekerjaan ini adalah pekerjaan yang menantang, menyenangkan, sekaligus menjanjikan. Simak beberapa hal yang harus kamu tahu tentang pekerjaan sales ini.

  1. Gaji yang tinggi

Menurut Salary Survey 2018, sales dan marketing adalah pekerjaan dengan pendapatan gaji tertinggi. Karena kesuksesan penjualan produk perusahaan bergantung pada salesnya, tidak salah jika perusahaan berani memberikan gaji tinggi setimpal dengan ketangguhan mereka. Bahkan untuk di Indonesia sendiri, jika seorang sales sudah mencapai level senior, seperti Chief Marketing Officer, gaji sales yang nantinya diperoleh akan sangat fantastis. Per tahunnya, gaji yang didapat pada posisi tersebut bisa mencapai Rp. 1,5 – Rp. 2,9 miliar.  Sedangkan untuk gaji sales eksekutif atau bayaran yang akan diterima oleh sales otomotif seperti gaji sales mobil memang tidak sebesar itu, namun masih lebih besar jika memang dapat melakukan penjualan yang signifikan. Dengan angka sebanyak itu, saatnya kamu buang jauh-jauh pikiran bahwa sales itu pekerjaan rendahan.

  1. Sales sebagai ujung tombak perusahaan

Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya, kunci utama kesuksesan perusahaan terletak pada kecakapan seorang sales dalam menawarkan dan menjualkan produknya. Karenanya, bisa dikatakan sales adalah ujung tombak perusahaan. Tanpa sales yang mumpuni dan berpengalaman, tantangan akan semakin besar dan target yang diharapkan akan semakin sulit tercapai. Jika hal itu terjadi, maka perusahaan tidak akan mendapatkan profit dan dana yang akan berimbas pada produktivitas distribusi perusahaan. Tanpa adanya dana, perusahaan tidak akan mampu membayar biaya operasional divisi-divisi lainnya.

  1. Kebutuhan sales pada semua sektor industri

Semua sektor industri, baik itu makanan, tekstil, otomotif, atau pun sektor lainnya, pasti membutuhkan sales untuk menjalankan perusahaan. Karena kebutuhan yang cukup banyak, maka perekrutan sumber daya yang dilakukan juga terbilang masif. Hal ini akan menguntungkan bagi fresh graduate. Para fresh graduate dari berbagai latar belakang pendidikan dan jurusan bisa melamar pada posisi ini. Kebanyakan perusahaan tidak memberi kualifikasi khusus dan secara terbuka menerima pegawai dari semua disiplin ilmu. Sebagai informasi tambahan, biasanya untuk posisi sales ini setiap perusahaan menggunakan istilah tersendiri untuk pegawainya. Ada yang menyebutnya dengan sales executive, account executive, salesmen, atau medical representative untuk perusahaan bidang medis. Meskipun begitu, kesemuanya memiliki peran yang sama dalam perusahaan.

  1. Sales sebagai konsultan dan pemberi solusi

Ibarat konsultan, sales adalah pendengar yang solutif. Seorang sales mendengarkan kebutuhan konsumen dan memberikan solusi atas permasalahan tersebut melalui produknya. Oleh karena itu, seorang sales harus memiliki skill komunikasi yang baik. Seorang sales harus bisa memberikan respon yang dibutuhkan konsumen dengan sopan dan tidak memaksa. Pada saat ini lah sales bisa sekaligus mengenalkan dan menawarkan produk perusahaan.

  1. Mental baja sebagai seorang sales

Menjadi seorang sales memang pekerjaan yang menggiurkan, namun untuk mencapai itu semua diperlukan mental baja dan optimisme yang tinggi. Seorang sales harus tetap gigih dan tidak mudah down ketika menghadapi penolakan dari konsumen. Seorang sales harus mampu menangguhkan hati sehingga penolakan tidak membuat berkecil hati dan justru membuat mereka terpacu untuk berjuang lebih keras lagi.


Itulah sedikit gambaran tentang sales, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Cari dan temukan ratusan lowongan sales terbaru hanya di maukerja.id.

) >