5 Langkah Melamar Kerja Tanpa Pengalaman Kerja

Yoan
by Yoan
Jun 12, 2019 pada 5:00 PM

Kebanyakan lowongan pekerjaan mensyaratkan pengalaman minimal 1-2 tahun di bidang yang bersangkutan. Kamu bisa jadi galau dengan kenyataan bahwa perusahaan hanya mau mempekerjakanmu bila kamu punya pengalaman kerja. Sementara bagaimana kamu bisa punya pengalaman kerja kalau tidak ada perusahaan yang mau memberimu kesempatan?

Bagi orang yang baru lulus kuliah atau tidak memiliki pengalaman kerja, mencari kerja adalah kegiatan yang amat ditakuti. Orang-orang yang punya pengalaman saja kadang kerap tidak beruntung, lantas bagaimana dengan mereka?

Orang yang baru lulus kuliah seringkali dihadapkan pada tantangan yang sama: mereka tidak memiliki pengalaman kerja untuk membuktikan bahwa mereka memenuhi syarat.


1. Buat CV berbobot dan semenarik mungkin

 

Dengan membuat CV yang sebagus mungkin sehingga membuat perusahaan tertarik untuk mengenalmu lebih dalam. 

Jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja, masukkan pengalaman dari kerja sukarela, kegiatan sekolah, atau hobi yang relevan yang dapat menunjukkan prestasi atau keterampilan. Hal tersebut akan membantu karena selama ini, pengalaman di organisasi, dapat menguntungkan ketika kamu tidak memiliki pengalaman kerja.

Bagi perusahaan, pengalaman organisasi melibatkan hasil kerja, kerelaan waktu, dan sering kali, kerjasama tim. Surat lamaran kerja akan semakin bernilai tinggi apabila kamu menjelaskan deskripsi pekerjaan yang kamu lakoni dan prestasi yang kamu dapatkan ketika menduduki itu.

Pengalaman organisasi semakin bernilai besar apabila kamu melamar di posisi yang serupa atau setidaknya hampir mirip.


2. Cantumkan keahlian dan pengalaman kerja yang bisa kamu buat sendiri

Ketika perusahaan mensyaratkan pengalaman, sebenarnya mereka sedang mencari seseorang dengan skill yang bisa dijadikan jaminan. Karena itu, jangan ragu untuk mencantumkan keahlian yang kamu punya di CV. Bila kamu jago design, meski selama ini hanya menjadi tukang design di organisasi kampus, kamu bisa juga mencantumkannya. 

Sampaikan secara spesifik, software apa saja yang kamu kuasai. Serta kamu bisa membawa portofolimu sebagai bukti. Begitu juga bila kamu jago merangkai kata ataupun mengolah gambar menjadi video. Tunjukkan bahwa meskipun kamu belum dibayar secara professional, tapi kamu kemampuanmu bisa dipersaingkan.

Pertanyaannya, bagaimana caranya memastikan itu berguna di CV di kamu?

Kemampuan atau keterampilan yang dibicarakan di sini bukanlah hal yang dimiliki oleh semua pelamar yang tidak memiliki pengalaman kerja. Namun, yang hanya dimiliki oleh sebagian orang. Seperti misalnya memahami bahasa pemrograman, mampu mengoperasikan media sosial, dan tahu cara mendapatkan klien.

Dalam curriculum vitae, kamu perlu menegaskan bahwa kamu memahami hal-hal tersebut.

3. Berikan terbaik saat interview

Momen interview adalah momen yang krusial. Diterima atau tidaknya kamu di sana 70 ditentukan oleh momen ini. CV yang bagus dan penuh bukan jaminan utama untuk diterima. Perusahaan juga akan melihat kepribadianmu, karena kelak kamu akan bekerja dalam sebuah tim. Rasa percaya diri jelas perlu. Tapi rasa percaya diri yang kamu punya harus dikemas dalam sikap yang rendah hati. Tunjukkan bahwa kamu sangat antusias untuk bekerja di perusahaan tersebut, serta punya motivasi yang tinggi untuk selalu belajar. Dua hal itu, adalah modal awal yang disukai perusahaan. Sebab motivasi diri dan kemauan untuk belajar, sudah merupakan tahap awal untuk menjadi orang professional. Kamu juga bisa membaca tips-tips interview agar lebih siap menghadapi wawancara.

Bila kamu memutuskan untuk keras kepala, dengan membuat CV yang sebagus mungkin sehingga membuat perusahaan tertarik untuk mengenalmu lebih dalam, bisa saja kesempatanmu berubah di tahap wawancara. Toh tidak ada ruginya juga kan mencoba? Bila tidak diterima, kamu bisa mengirim lamaran-lamaran lainnya.

 

4. Daftar Management Trainee

Salah satu lapangan pekerjaan yang bisa kamu manfaatkan sebagai orang yang pengalamannya nol besar adalah management trainee. Biasanya posisi ini dibuka oleh perusahaan-perusahaan besar, untuk merekrut lulusan-lulusan baru untuk kemudian diberikan training sehingga menjadi sumber daya yang berguna bagi perusahaan. Di sini, kamu akan bertemu dengan rekan-rekan yang pengalamannya sepadan, semuanya belajar dari awal. Memang di tahap awal, management trainee terasa berat, karena kamu akan ditempatkan di semua posisi untuk mencari tempat yang tepat. Tapi bila kamu kuat, jenjang karir yang jelas sudah di depan mata.

Sampai sekarang ternyata Management Trainee menjadi Idola Fresh Graduate yang belum memiliki pengalaman kerja loh!

 

5. Gabung grup pencari kerja 

Terlibat di grup ini menjadi penting karena di sana kamu tidak hanya akan mendapatkan ilmu atau bertukar pikiran, tapi juga bisa dilihat oleh pencari karyawan yang kadang keberadaannya tidak diduga.

Kamu bisa bergabung di telegram grup lowongan pekerjaan, bisa juga mengikuti halaman lowongan kerja di Facebook. Tidak hanya itu, di platform seperti twitter lowongan kerja juga ada loh.

Reaksi yang kamu berikan tak perlu terlalu sering. Namun, setidaknya tunjukkan bahwa kamu memiliki suatu minat atau pengetahuan di bidang yang kamu komentari.

Di luar itu, reaksi kamu bisa saja berguna karena membantu orang lain yang berada di grup tersebut. Kamu bisa juga mendapatkan pengetahuan seputar kerjaan atau tips interview dengan mengikuti akun instagram Maukerja Indonesia yang memberikan informasi dan pengetahuan seputar pencarian kerja dan juga tips di kantor :)