Jawab wawancara : Kenapa resign dari pekerjaan lama?

Yoan
by Yoan
Jun 21, 2019 pada 5:57 PM

Kunci untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan menyamarkan jawaban dengan menceritakan kualitas yang kamu miliki. Jadi jangan sekali-kali menjelek-jelekkan perusahan lamamu.

Berikut beberapa pilihan jawaban yang dirasa pas untuk menimpali pertanyaan tentang alasan resign saat interview kerja sesuai dengan kondisi yang kamu alami.

 

Jawaban 1# Jika kamu dipecat

Jangan terlalu jujur! Jangan bilang bahwa kamu dipecat. Bisa jadi HR justru jadi meragukanmu. Maka jawaban yang baik, katakan bahwa sedang mengimprovisasi budaya baru dan sadar kamu bukan orang yang tepat.

 

Jawaban 2# Jika kamu di PHK

PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) Kadang dilakukan oleh perusahaan untuk merampingkan perusahaan. PHK bukan sepenuhnya salahmu kok! Jadi, katakan bahwa PHK diluar kendalimu dan kamu sudah siap melamar di Perusahaan baru dengan kemampuan yang dibutuhkan. 

 

Jawaban 3# Jika kamu resign

Jangan katakan dengan hati hingga akhirnya kamu justru jadi curhat ke HRD. Apalagi bila alasan sebenarnya kamu resign adalah soal bos atau berseteru dengan kerja. Wah, HRD jadi waspada untuk merekrutmu karena bisa saja kamu justru dianggap menjelekkan perusahaan lama dan negative-people. Katakan saja kamu perlu sesuatu yang baru dan kamu serius untuk mengembangkan karir dan kemampuan saat ini. 

 


Jawaban yang diharapkan setiap perekrut tentunya berbeda antara satu dengan lainnya. Apa pun itu, kamu harus tetap fokus pada visimu ke depan daripada membeberkan aib atau pun kejelekan perusahaan yang kamu tinggalkan. Semoga lancar saat menjawab pertanyaan ini nanti, ya!