Menunggu Panggilan Kerja? Lakukan Aktivitas Ini

Ulfia
by Ulfia
Oct 04, 2018 pada 4:10 AM

Menjadi pengangguran bukan lah hal yang menyenangkan. Mencari perkerjaan juga terkadang membuat stres. Jika panggilan interview tidak kunjung didapat, biasanya kita akan merasa bosan dan patah semangat. Jika sudah seperti itu, kita perlu segera menyikapinya. Setelah mengirimkan surat panggilan kerja. Sembari menunggu panggilan kerja, ada banyak alternatif kegiatan yang bisa kita lakukan agar membuat hari berjalan tetap produktif.

Apa saja? Simak ulasan MauKerja di bawah ini.

Hal Pertama, Buat CV

Gunakan kreativitasmu untuk membuat CV yang menarik. Jika kamu sudah pernah membuat sebelumnya, coba cek dan update lagi untuk menunjukkan profil dan riwayat hidupmu yang paling baru.

Jika kamu suka mendesain, kamu bisa membuat CVmu sesuka hati dan sesuai selera. Tetapi jika ingin yang simpel dan instant, kamu bisa mengandalkan template atau CV creator  yang tersedia secara online di internet. Membuat CV bisa dilakukan untuk berjaga-jaga, siapa tahu ada perusahaan yang membutuhkannya sehingga kamu tidak perlu lagi bersusah-susah menyiapkannya.

Asah kemampuan berbahasa asingmu

Perkembangan dunia industri yang semakin modern, luas, dan tak terbatas menuntut kita untuk meng-upgrade berbagi skill yang kita miliki, salah satunya adalah kemampuan berbahasa asing terutama bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional pertama. Selain bahasa Inggris, bahasa lain yang semakin banyak dibutuhkan di lingkup kerja adalah Jepang dan Mandarin. Untuk memanfaatkan waktu luang, kamu bisa mempelajarinya secara otodidak. Tetapi, jika perlu, kamu juga bisa mengambil sertifikasi khusus bahasa yang bisa menguatkan skill mu dan menjadi nilai lebih di mata perusahaan yang kamu incar. Atau kamu juga bisa membaca buku bahasa asing

Melakukan hobi dan mencoba hal baru

Apakah kamu punya hobi yang sudah lama tidak kamu lakukan? Adakah kegiatan yang selalu ingin kamu coba tapi belum sempat terlaksanakan? Nah, ini saatnya kamu merealisasikannya. Jika dulu kamu sudah cukup disibukkan dengan kegiatan atau event-event semasa kuliah, kini waktu luangmu bisa kamu gunakan untuk menyenangkan diri sendiri. Salah satunya adalah dengan menjalankan hobi, keinginan, atau bucket list yang sudah lama terpendam. Kamu bisa berenang, hiking, memasak, atau pun berpetualang ke tempat yang kamu inginkan. Dengan begitu, kamu bisa sekaligus mencari ide atau motivasi baru sembari beristirahat sejenak dari rutinitas harianmu.

            Baca juga 5 Penyebab Fresh Graduate Lama Menganggur

Aksi peduli dengan lingkungan sekitar

Jika selama ini kegiatanmu hanya berfokus pada kisaran kampus, sekarang saatnya kamu kembali pada lingkungan terdekatmu, yaitu tempat tinggalmu. Tidak ada salahnya kan jika kamu lebih peduli dan mulai berbaur lagi? Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa secara aktif mengikuti kegiatan di kampung, seperti karang taruna atau kajian rutin yang diadakan. Kamu juga bisa menjadi penggiat atau panitia di kegiatan-kegiatan kampungmu, misalnya seperti acara tujuh belasan. Selain meningkatkan kepedulian sosial, cara ini juga bisa membuatmu lebih akrab dan mengenal warga sekitar.

Berkumpul bersama keluarga

Bagi kamu yang selama ini kuliah merantau, kerinduan pada rumah adalah salah satu hal yang lumrah. Tetapi sekarang saat kamu sudah lulus, kamu bisa kembali ke rumah selagi berburu mencari pekerjaan. Gunakan kesempatan ini untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Gunakan waktu senggangmu untuk ber-quality time bersama mereka. Kamu bisa pergi, bermain, makan bersama, dan melakukan hal-hal yang biasanya hanya bisa kamu lakukan ketika pulang ke rumah. Dijamin rasa rindumu pun akan terbayarkan.

Bagaimana? Semoga tips di atas bisa membantumu tetap produktif, ya. 

) >