Belum menemukan minat? Ini penyebabnya!

Yoan
by Yoan
May 29, 2019 pada 2:39 PM

Keinginan dan minat bakat setiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang sudah tahu ingin menjadi apa dan langkah yang akan diambil. Ada juga yang realistis karena kebutuhan dan tuntutan. Kamu pun antusias ketika membicarakan tentang rencana dan cita-cita.

Tapi, diantara kita pasti masih ada yang bingung tentang keinginan dan minat. Setelah lulus sekolah bingung jurusan apa yang akan diambil, setelah lulus kuliah bingung mau kerja di mana. Efeknya, kamu seperti tidak punya rencana dan impian.

Namun ternyata, ini sebab orang belum tahu apa keinginan dan rencananya.


1. Terlalu banyak hal yang ingin dicoba

Sebenarnya kamu punya ketertarikan lebih dari satu bidang, maka sewajarnya kalau kegiatanmu diisi oleh beragam hal yang positif dan kreatif. Menyelesaikan satu, lalu beralih ke hal yang lain. Banyak hal yang kamu suka ini bisa membuatmu bingung menentukan.

Di sisi lain, masih banyak hal yang belum kamu coba. Dari banyaknya kamu mencoba, bisa diketahui kalau kamu suka dengan salah satu kegiatan. Cirinya adalah timbul dari dalam diri sendiri, tidak merasa bosan untuk mengulang, dan melakukan tanpa terpaksa.


2. Menggali Pengalaman

Kadang ada juga yang bingung saat ditanya keinginan dan minat yang disukai, bukan berarti orang ini pemalas. Orang yang seperti ini biasanya sedang  berpetualang mencari hal yang bisa membuatnya belajar dan menemukan.

Karena sadar kalau ada banyak hal yang bisa didapatkan dari mengambil langkah kecil yang berani. Orang yang memutuskan untuk melakukan hal seperti ini memang tidak bisa dipaksakan, karena hanya diri sendiri yang paham kebutuhannya.


3. Ragu dengan diri sendiri

Menemukan dan mendalami minat memang terdengar idealis. Padahal kamu setiap hari bertemu dengan keadaan, lingkungan, dan orang yang beragam. Hal ini bisa membuat kamu bingung karena ada beberapa pertimbangan.

Mulai dari gengsi hingga merasa tidak akan mungkin bisa berkembang karena memilih kesukaan tertentu. Daftar kegiatan kesukaan memang boleh panjang, tapi kamu harus tahu seperti apa yang bisa menjadi dirimu sendiri. Jangan takut untuk menjadi unik dan berbeda.


4. Belum siap menghadapi tantangan

Memilih satu atau dua minat untuk dikembangkan memang ada tantangannya. Apalagi kamu ingin memasukkannya ke dalam salah satu cara untuk menghasilkan uang. Persaingan tentu ada. Kalau kemampuan kamu dalam minat ini kurang, pasti ada rasa kurang percaya diri dan takut. Perlu diketahui, bidang dan aktivitas yang dipilih peminatnya bukan hanya kamu saja. Kalau kamu terus menerus merasa tidak siap sama saja dengan membuang waktu. Tidak ada salahnya untuk berani mencoba dan mengatakan apa minat kamu.


5. Membuktikan rasa penasaran

Setiap orang pasti memiliki rasa penasaran, sebelum akhirnya memilih satu minat dan mendalaminya. Kemudian, kamu berusaha mencoba. Semakin kamu mencoba, secara tidak langsung kemampuan semakin terasah. Tidak heran bila kamu mencari hal baru. Merasa bisa menyelesaikan tantangan dan mematahkan perkataan orang-orang yang kurang memberikan dukungan. Memang ada rasa puas, tapi lama-lama kamu akan menemukan hal yang sesuai.

 

Sebenarnya, tidak perlu khawatir dan bingung kalau belum menemukan minat yang cocok. Terus mencoba dan gali apa yang mengusik pikiran. Jika usaha sudah maksimal dan memang bukan, masih banyak hal lain yang cocok dengan karakter dan keunikan kamu.