Cara Menjadi Fotografer Handal Agar Seindah Fotonya

Bee
by Bee
Mar 06, 2019 pada 11:46 AM
Kategori: Info Karir

Profesi fotografer sejak tahun lalu mungkin menjadi salah satu profesi yang banyak digemari, terutama para kawula muda. Karena apa, karena potret memotret ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Mo Makan foto, mo tidur foto, mo ngemall foto.

 

Namun ternyata nih fotografi itu gak asal jepret ada beberapa teknik dari fotografi itu sendiri yangharus kamu pelajari supaya bisa menghasilkan hasil yang maksimal terutama waktu memakai kamera pro seperti DSLR atau Mirorrless. Lalu apa saja yang harus kamu lakukan biar fotomu semakin menarik diliaht, yuk baca disini :

 

1. Selalu memulai untuk BELAJAR. Kamu bisa belajar lewat online course atau acara workshop fotografi

BELAJAR, kata belajar memang tidak melulu dikaitkan dengan bangku pendidikan seperti sekolah ataupun kuliah, di bidang kerja pun kamu perlu belajar. Di Fotografi pun begitu kamu tidak akan langsung bisa menjepret dengan hasil bagus. Butuh pembimbing untuk bisa melakukannya. Susah cari pembimbing ?.  benarkah.

 

Di jaman modern ini jika di daerah mu memang susah untuk mencari tempat kursus fotografi gunakan media online, cari bahan - bahan atau materi yang berhubungan dengan fotografi ini, banyak banget tersebar di berbagai blog. Kalau sudah sedikit paham dasar - dasarnya dan mampu mengoperasikan dengan baik. Kamu bisa melanjutkan dengan mengikuti online course guna mempertajam ilmu sehingga nantinya bisa di aplikaasikan dimedan perang.

 

2. BIDANG mana yang kamu pilih? Foto produk? makanan? berita? alam?

 Modeling/fashion ?

Memilih bidang fotografi memang sangat penting. Pada awal mulai mungkin kamu bakalan sedikit bingung aliran mana yang bakal kamu ambil. Namun setelah terjun selama beberapa saat, kamu mulai sadar bahwa ada salah satu bidang fotografi yang memang membuatmu bergairah untuk menjepret gambar tersebut.

 

Ketika kamu sudah mantap pada BIDANG tersebut, Fotografi alam misalnya. Maka asahlah terus skillmu, sering - seringlah untuk pergi atau jalan - jalan ke pegunungan, hutan - hutan sungai - sungai ditempat yang berbeda. dari sini kamu akan mendapatkan sudut pandang yang berbeda dalam mengambil gambar. Pengalaman pun dijamin meningkat pesat, dan hasil gambarmu akan meningkat seiring dengna waktu.

 

3. JALAN JALAN ke berbagai tempat dengan kameramu

Nah lanjutin dari poin nomor dua nih, setelah kamu yakin dengan bidangmu. Cobalah bawa kameramu kemanapun kamu pergi, untuk apa. Untuk menjepret apa saja yang menurut kamu keren. artisitik dll.

Melakukan hal ini juga membantu mempertajam intuisimu, bagaimana angel yang baik untuk mengambil objek, bahkan kamupun nanti mampu mengambil gambar meskipun kondisi sangat tidak mendukung, terlalu panas, kurang posisi. DLL, coba deh asik kok

 

4. Belajar fungsi-fungsi seperti ISO, shutter speed, dan lainnya!

ISO, shutter speed dan aperture adalah hal dasar utama yang wajib kamu pelajari, ini juga disebut dengan segitia exposure. Ketiga elemen ini ketika digabungkan bakal memberikan setingan gambar yang unilimited. Maksudnya unlimited ini, ketika kamu ganti ISO aja gambar akan berubah, ketika kamu ganti seting aperture saja gambar pun langsung berubah.

Nah oleh karena itu mempelajari tiga Setingan utama itu adalah modal wajib seorang fotografer.

 

5. Jangan lupa follow akun akun fotografer yang sesuai seleramu!

Kenal dengan Darwis Triadi, Mario Foto, Aldy Foto mereka adalah contoh fotografer yang sudah masuk ke level dunia. Namun ketika fotografer ini memiliki ciri khas masing - masing. COba lihat saja profil akun mereka, kalaujeli pasti kamu bisa membedakannya.

 

Nah kalau kamu suka dengan tehnik BW/grayyscale kamu bisa mengikut akun dari Darwis yang memang gemar memotret kehidupan dengan tehnik grayscale. Tidak hanya itu Si Darwis juga sering memanfaatkan bayangn sebagai penambah rasa pada foto.

 

Bagaimana apakah kamu sudah siap untuk menjadi cantik secantik hasil fotomu. Hehehe. Belajar adalah hal utama, hal pertama yang wajib kamu pelajari adalah ISO, shutterspeed dan Aperture. JIka kamu sudah faham betul tehnik ini, maka silahkan lanjut ke tehnik yang lebih ekspert, ada tehnik bayangan, cahaya, angel dll. Terima kasih sudah membaca artikel saya sampai jumpa lagi gaeeesss.