Cara Praktis Mengatasi Pekerjaan Multitasking yang Menyebalkan

Bee
by Bee
Feb 12, 2019 pada 6:36 AM
Kategori: Info Karir

Ditulis oleh : Hanun

Ngomongin soal multitasking nih,apa kalian udah paham sama kata-kata yang sering kalian denger ini? Multitasking berasal dari bahasa Inggris,terdiri dari Multi yang berarti banyak dan Tasking yang berarti pekerjaan. Jadi yang dimaksud Multitasking itu sendiri adalah mengejarkan banyak pekerjaan dalam satu waktu,ribet yahh??

 

Bagi sebagian orang,melakukan multitasking ini adalah sebuah kebanggan karena tak semua orang bisa melakukan multitasking. Namun terlalu memaksakan diri untuk mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu justru membuatmu kebingungan sendiri dan hasilpun tidak maksimal. 

Tak hanya itu saja pekerjaan multitasking juga dapat mengganggu kestabilan fisik maupun pekerjaan seperti :

 

1.    Pekerjaan jadi tidak optimal

Melakukan pekerjaan multitasking dalam satu waktu akan mengurangi performa dalam bekerja,akibatnya hasil kurang memuaskan. Karena hasil yang kurang memuaskan,kamu terpaksa merevisinya,hal ini justru menambah-nambah beban pekerjaan.

 

2.    Kurang istirahat

Kerena tuntutan pekerjaan banyak dan harus disubmit tepat waktu,jam yang seharusnya kamu gunakan untuk istirahat justru dipergunakan untuk bekerja,akibatnya jam tidurmu tidak teratur yang dapat berpengaruh buruk pada organ fisikmu. Tak hanya itu saja,kurang istirahat juga akan berpengaruh pada pekerjaanmu nantinya yang menyebabkan kurang efisien dalam bekerja.

 

3.    Mengakibatkan stress

Akibat pekerjaan yang terlalu banyak,rasa emosimu menjadi tidak terarah. Kamu merasa terlalu tertekan oleh pekerjaan yang seabrek,hati-hati ya guys karena ini dapat membuatmu stress. 

 

4.    Kurang fokus

Karena intensitas pekerjaan yang terlalu banyak,kamu jadi tidak bisa fokus terhadap satu hal. Daya fokusmu dipaksa untuk mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan,akibatnya hasil yang dikerjakan menjadi tidak maksimal.

 


Nah untuk menghindari pekerjaan multitasking menjadi hal yang buruk bagimu,simak yuk Solusi agar hal tersebut tidak membahayakanmu,check this out :


1.    Kerjakan sesuatu yang RELATED/SEJENIS, jangan terlalu jauh agar tidak terganggu.

Kelompokan beberapa pekerjaan yang sejenis dan ditempat yang sama. Seperti contoh kamu ingin membereskan rumah,hal ini banyak dialami oleh anak muda biasanya karena mereka bingung mau mulai darimana. Kamu bisa membersihkan hal sejenis seperti menyuci pakaian,membersihkan kamar mandi,menyuci piring dan beberapa hal yang berkaitan dengan air,kalo dikata sih “sekalian basah” hehe...

Lakukan hal serupa ke pekerjaan yang lainnya,jika terasa lelah jangan paksakan diri,segerlah minum dan beri asupan untuk tubuh. Dont let your body get hurts guys!

 

2.    Buat PLAN di awal hari 

Untuk menghindari multitasking,ada baiknya kamu membuat plan jauh-jauh hari seperti membuat plan mau apa esok hari. Lakukanlah pekerjaan sesuai jadwal,percaya deh ini gak akan memberatkanmu. Biasanya multitasking akan sangat memberatkanmu jika dikerjakan mendadak dan tanpa perencanaan,hmm...

 

3.  MAKE SURE seluruh informasinya. Seberapa penting untuk dikerjakan 

Ini nih,problem buat kamu yang suka gak tegaan. Emang sih,jadi orang yang gak tegaan itu adalah suatu sifat terpuji,namun ada kalanya kamu gak nerapin prinsip ini ketika sedang sibuk.buatlah daftar prioritas dan potensial agar menghindari diri dari tawaran yang kurang potensial. Cintai dirimu sendiri dahulu,jangan orang lain. Memang menolak tawaran dari teman itu susah,tapi kamu bisa melatihnya kok,self love isn’t selfish guys.


4.    Kurangi bermain social media

Untuk meningkatkan fokusmu terhadap pekerjaan yang kamu hadapi,jangan terlalu sering mengecek ponsel untuk urusan yang gak penting. Ada baiknya kamu mematikan notif dari aplikasi yang tidak ada kaitan dengan pekerjaanmu. Memang sulit jika kamu sudah kecanduan ponsel,rasanya gelisah kalo gak pegang hp walau hanya beberapa jam,dorongan perubahan ada pada dirimu sendiri bukan dari orang lain.

 

5.    Tetap TENANG, jangan panik. Kamu harus bisa laluinya, meski berat. 

Kalau sudah terlanjur masuk kedalam perangkap multitasking,jalani saja. Itung-itung melatihmu untuk siap di segala situasi.  Kerjakan satu persatu,perlahan namun pasti. Jangan terburu-buru karena akan membuat hasil pekerjaan kurang maksimal.


Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi multitasking. Memang tidak bisa diprediksi hal mana saja yang dapat kita pilih agar tidak menjadi beban pekerjaan yang banyak. Namun dengan kamu mengorganisir pekerjaan,maka pekerjaan banyak bukanlah hal yang buruk bagimu.