5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Gagal Tes Wawancara Loh!

Arief
by Arief
Jul 12, 2019 pada 2:18 PM

Wawancara kerja adalah hal yang paling menentukan ketika kamu punya keinginan untuk bekerja. Proses wawancara biasanya menentukan nasibmu apakah dapat lanjut sebagai karyawan atau gugur dan harus mencari pekerjaan lain.

Jika saat ini kamu adalah salah satu yang mengalami kegagalan saat wawancara kerja, mungkin 5 hal dibawah ini dapat kamu hindari loh. Ada hal yang harus kamu perhatikan saat wawancara kerja supaya perusahaan melihatmu sebagai seseorang yang kompeten di bidangnya.

Nah, biasanya ada saja alasan kenapa kamu gagal, jangan-jangan dari 5 alasan di bawah ini kamu pernah melakukan salah satunya? Simak ya!

  1. Salah bersikap saat wawancara

Ternyata sikap saat wawancara menjadi penilaian yang cukup utama loh. Gaya bicara, gaya berpakaian, gaya duduk, gaya mendengarkan dan melihat menjadi nilai tersendiri.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan seperti jangan bersandar saat di wawancara, jangan menggosok hidung terlalu sering, hindari menahan dagu dengan tangan, pandangan kosong, dan sebagainya. Semua hal tersebut akan membuatmu menjadi orang yang kurang antusias dan juga terlihat sombong loh.

Jadi bersikaplah tetap sopan dan nyaman untuk dilihat oleh lawan bicara.

  1. Jawaban Anda tidak cukup memuaskan

Nah, setelah bersikap baik, jawablah pertanyaan dengan baik pula. Biasanya pewawancara senang sekali memberikan pertanyaan menjebak untuk menilai kamu. Misal apa yang sudah kamu rencanakan di 5 tahun kedepan.

Jika kamu tidak yakin dalam menjawab, perusahaan akan melihatmu sebagai orang yang kurang visioner dan kurang memiliki jiwa leadership. Maka persiapkan dirimu dan jadilah dirimu apa adanya.

  1. Tidak cocok dengan budaya kerja perusahaan

Setiap perusahaan memiliki budaya kerja tersendiri. Budaya kerja yang dimaksud meliputi lingkungan perusahaan, cara bekerja, cara berpikir dan juga cara bergaulnya.

Ibarat rumah, kantor adalah tempat dimana kamu akan menghabiskan setengah harimu di sana dan bertemu dengan orang yang sama pula. Sehingga perusahaan kadang menilai calon pekerja apakah cocok masuk dalam budaya kerja perusahaan atau tidak.

Kecocokan itulah yang akan membawamu masuk ke dalam perusahaan baru.

  1. Tidak memberikan kepastian

Dalam wawancara kamu akan ditanya kapan siap bekerja, jika terlalu banyak alasan apalagi kamu tidak dapat menjawabnya, maka perusahaan akan menilaimu tidak membutuhkan pekerjaan ini.

Jadi jawablah dengan antusias jika kamu betul ingin bekerja di perusahaan tersebut.

  1. Minim pengetahuan tentang perusahaan

Sama halnya dengan PDKT, jika kamu ingin mengenal seseorang maka kamu akan mencari tahu tentang orang tersebut agar mendapatkan hatinya. Begitu pula yang harus kamu lakukan pada perusahaan tempatmu di wawancara.

Dengan memiliki banyak pengetahuan tentang perusahaan, kamu akan siap menjalani wawancara. Jika ada pertanyaan tentang perusahaan, maka kamu dapat menjawabnya dan mendapat nilai plus.

Jadi jangan lupa persiapkan materi tentang profil perusahaan sebelum wawancara.

Itulah 5 hal yang harus kamu perhatikan, jika tidak maka akan jadi boomerang tersendiri bagimu. Perusahaan mempunyai kriteria tersendiri dalam memilih karyawannya. Jadi persiapkan dirimu dan jadilah dirimu apa adanya selama itu tidak merugikan orang lain dan dirimu ya! (Elleta)