Gak Asal Nanya! Ini Dia Etika Minta Loker di Facebook

Nafisah
by Nafisah
Feb 11, 2019 pada 4:26 AM
Kategori: Info Karir

Ditulis oleh : Hanun

Denger kata facebook nih guys,apa sih yang pertama kali kalian pikirkan? Yap,facebook adalah social media yang sangat hitz mulai dari tahun 2010an hingga sekarang nih,walaupun sekarang udah banyak yang pindah ke instagram karena faktor bosan. Sebenernya facebook tuh udah booming sebelum tahun 2010 di negara barat khususnya,namun di kalangan masyarakat Indonesia itu sendiri,facebook mulai hitz banget pada awal tahun 2010.

Ngomong-ngomong soal facebook,yang dulunya cuma buat chating dan update status aja,kini facebook udah banyak banget fungsinya,mulai dari forum jual beli,info lowongan kerja,kontrakan,promosi iklan,hingga marketplace macam shopee,zalora,tokopedia dll ada di facebook semua.

Nah,buat kamu yang lagi cari-cari lowongan kerja di facebook,jangan asal yah guys. Walaupun di dunia maya,kamu juga harus tetap menjaga kesopanan. 

Berikut ini ada beberapa cara untuk meminta lowongan pekerjaan di Facebook,simak yuk..


Bahasa sopan, jangan membentak dan terkesan menjatuhkan salah satu pihak. Minta info dengan baik baik. 

Sepintar apapun kamu,kalo gak punya attitude sama aja zonk!


Dimana-mana attitude itu selalu dijunjung tinggi,terlebih lagi sebagai orang asia yang sangat memperhatikan adab dalam berperilaku. Meminta info lowongan kerja ada baiknya kamu memberikan salam terlebih dahulu seperti “selamat siang..” “halo..” “assalamualaikum” dsb. Pergunakanlah bahasa yang sopan dan jangan menggunakan bahasa yang dipakai sehari-hari sama temen,gaul boleh tapi harus tau tempat. Jangan tiba-tiba minta tanpa permisi yahh,gak sopan bro!

 

Sebutkan detail pekerjaan yang dibutuhkan, bidang pekerjaan-lokasi-pendidikan-atau lainnya 

Gak cuma berbahasa yang sopan aja,kamu harus menyebutkan detail pekerjaan yang km cari seperti jenis pekerjaan,lokasi dan hal-hal penting lainnya. Hal ini bertujuan agar orang lain paham dengan apa yang kamu butuhkan,kalo kamu cuma bilang minta loker,yah mana mereka ngerti sih sama kerjaan yang sedang kamu butuhin. To the point aja deh jangan kek cewek,susah dimengerti...

 

Pastikan kebenarannya jika ada yang membalas 

Penting banget nih,buat ngehindarin lowongan fiktif. Jaman sekarang siapa sih yang gak butuh kerjaan? Karena celah inilah banyak oknum tak bertanggung jawab yang sengaja membuat lowongan fiktif,ujung-ujungnya perdagangan manusia. Oknum lowongan kerja fiktif ini biasanya menawarkan kerjaan dengan gaji selangit,namun kerjanya gak jelas ngapain. Contoh aja ada lowongan kerja dengan kerjaan yang simple,namun diiming-imingi gaji melebihi pekerja kantoran,hati-hati aja sama hal kayak begini,mana ada orang yang mau ngasih duit banyak dengan kerjaan yang simple? Ngimpi.

 

Jika postingannmu tidak banyak yang menjawab, kamu bisa komentar di postingan orang lain 

Cobalah mencari forum lowongan pekerjaan di facebook. Forum tersebut biasanya dibuat dalam sebuah grup,kamu bisa meminta untuk bergabung di grup tersebut. carilah lowongan kerja yang memang sesuai dengan domisilimu saat ini,kecuali kalo sanggup bekerja di luar kota ya. Sok kenal aja gapapa dengan cara komen postingan orang lain,tanya aja ada lowongan kerja..eitss jangan lupa sopan santun seperti yang udah dibahas di point 1 dan 2 ya.

 

Hindari kalimat tidak jelas seperti "Info Loker Dong!!" kesannya nge-gass..

Nah ini,emang sih kalo di facebook itu banyak banget anak muda jadi kesannya enak pake bahasa sesama temen dan seenaknya sendiri kalo pake bahasa. Tapi ada baiknya kamu bilang dengan sopan yah,supaya orang lain juga segan sama kamu gak seenaknya sendiri. Apapun yang kamu lakuin,orang lain juga akan memperlakukan sama. Coba deh kalian bayangin kalo tiba-tiba ada orang yang gak ada angin gak ada ujan dateng kerumah sambil ngomong “woy bukain pintu dong!” kesel gak sih?

Itu aja sih ya,kebanyakan malah kalian jadi males bacanya wkwkwk. Yang perlu kamu pikirin adalah gimana caranya biar bisa dapet lowongan pekerjaan tanpa membuat orang lain merasa tersinggung atau keberatan. Walaupun di dunia maya juga harus tetap jaga sopan santun,gak cuma sopan pas ketemu calon mertua aja. See youu...