Hati-Hati ! Meski Kerja Bagus, Tetap Bisa Dipecat loh, Apa Penyebabnya?

Yoan
by Yoan
May 13, 2019 pada 4:46 PM

Dalam pekerjaan, bukan hanya skill yang dibutuhkan. Karena pasalnya, ada beberapa hal sederhana yang seringkali justru menjadi penyebab seseorang dipecat dari pekerjaannya.

Hati-hati, lebih baik hindari lima hal di bawah ini agar tak sampai menjadi kebiasaan ya!

 

1. Selalu Terlambat


Di beberapa perusahaan, tepat waktu adalah salah satu penilaian untuk karyawan. Bahkan ada juga yang akan memotong cuti atau gaji bila terlalu sering terlambat. Jadi, kalau kamu sering sekali datang terlambat ke kantor, hati-hati dengan nilai performamu di depan bos. Sama halnya dengan terlambat saat datang meeting ya!

2. Bergossip


Ada beberapa orang yang sangat suka bergosip, bisa dibilang mereka terlahir dengan "bakat alami" ini. Namun jika kamu mulai menyebar rumor yang tidak sedap, terutama tentang atasan, bukan tak mungkin kamu akan diberhentikan dengan tidak hormat. 

3. Gegabah di Social Media


Beberapa perusahaan memberlakukan peraturan keras agar karyawannya tidak menghabiskan waktu terlalu lama membuka jejaring sosial, seperti Facebook atau Twitter. Kelakuan di social media juga dapat mengancam karir loh. Apalagi kalau kamu menggunakannya untuk mengeluh tentang atasan, rekan kerja, klien, atau rahasia perusahaan. 

4. Terlalu Lama Makan Siang


Istirahat saat jam makan siang memang menjadi hak para karyawan. Namun, kamu harus tahu, bahwa menghabiskan waktu terlalu lama untuk bermalas-malasan juga mengancam posisimu di kantor. Selain tidak sopan, kamu juga akan terlihat kurang bertanggung jawab. Sebaiknya istirahat sesuai waktu yang diberikan saja ya!

5. Terlalu Oportunis


Setiap kantor pasti memiliki peraturan istimewa bagi karyawannya. Tapi berhati-hatilah, kalau ketahuan terlalu memanfaatkan peraturan istimewa tersebut, salah-salah kamu malah dipecat. Apalagi kalau digunakan untuk kebutuhan pribadi. Meminta dana untuk business trip misalnya, padahal untuk jalan-jalan.

Apa ada kebiasaan di atas yang tanpa sadar kamu lakukan? Kalau ada, mulai sekarang coba untuk kurangi sedikit demi sedikit ya, demi karier dan masa depanmu.