Intip Cara Agar Kamu Tidak Menjadi Target Bully di Kantor!

Nafisah
by Nafisah
Jan 09, 2019 pada 8:04 AM

Oleh : Hanun

Tindakan bullying memang menjadi masalah sosial yang marak terjadi akhir-akhir ini. mulai dari anak belasan tahun hingga usia dewasa tak pernah luput dari tindakan bullying. Beberapa alasan mengapa seseorang di-bully karena ia takut menghadapi lawan,terlalu malu atau tak berani unjuk diri. 

 

Manusia memang ditakdirkan menjadi makhluk yang tidak selalu sempurna,namun karena ketidak-sempurnaan,bolehkah hal ini menjadi alasan untuk mem-bully?


Salah satu efek dari bullying adalah berkurangnya rasa percaya diri,takut dengan orang lain,dan depresi,mengerikan bukan?

 

 

 

 

Selain melarang tindakan bullying,ada beberapa hal yang perlu kamu terapkan pada sikapmu agar kamu terhindar oleh bullying yang dilakukan orang lain,diantaranya :

 


1.    Percaya Diri, tapi Jangan Angkuh 

Jika kamu percaya diri dan tidak takut untuk unjuk diri,percayalah kamu akan disegani oleh orang lain. Boro-boro untuk mem-bully,berpapasan denganmu saja mereka akan menghormatimu dengan sopan. Percaya diri adalah kunci utama dalam memposisikan dirimu sebagai seorang yang berarti dan patut dihormati. Namun dengan percaya diri,lantas tak membuatmu bersifat angkuh. Angkuh adalah sebuah sifat kesombongan,bukanlah sebuah rasa percaya diri. 

 

 

2.    Bicaralah dan Interaksi 

Beranikan diri untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan berinteraksi dengan orang lain,hal ini menandakan bahwa kamu seorang yang cerdas dan bisa membangun suasana hangat. Bicaralah sesuatu yang tidak hanya asyik saja namun juga bermanfaat agar obrolanmu tidak sia-sia. Jika kamu pandai berkomunikasi dan mudah beradaptasi,maka Orang-orang akan segan denganmu,dan menganggapmu sebagai seorang bernilai tinggi.

 

 

3.    Belajar jadi orang cuek, dibully? coba abaikan 

Jika kamu merasa orang lain meremehkanmu bahkan melakukan tindakan bully,abaikan saja! Dengan diamnya kamu,mereka akan lelah sendiri untuk menggodamu. Sebenarnya yang mereka cari dari tindakan bully-nya kepadamu adalah agar kamu merasa terusik dan terganggu. Oleh karena itu,diamlah agar mereka lelah dengan sendirinya. Teguhkan pendirianmu dan sabar,semua akan ada balasannya.

 


 

4.    Jangan mudah menyebarkan ke sosmed 

Jangan menyebarkan berita-berita kurang baik di laman social mediamu. Semakin kamu menyebarkan,maka orang lain merasa bahwa kamu adalah pribadi yang tidak profesional dan cenderung mencari perhatian. Simpanlah masalah-masalahmu untuk dirimu sendiri,jangan sampai orang yang tak kamu kenal baik juga mengetahuinya.

 

 


5.    Jika dibully, berani tanya 

Jika kamu terus-terusan dibully,beranikan dirimu untuk menanyakan ada masalah apa sehingga mereka begitu membencimu? Tunjukan dirimu,bahwa kamu juga bisa speak up dihadapan mereka,jangan tunjukan kelemahanmu agar kamu tak terus-terusan dibully.

 

 

6.    Lapor HR dan Pimpinan 

Jika mereka sudah sangat keterlaluan bahkan sampai ke kekerasan fisik,maka hal ini tak bisa dibiarkan. Laporkan tindakan mereka kepada atasan,karena tentunya hal ini tak bisa kamu atasi seorang diri,ada saatnya kamu memerlukan bantuan jika dirasa kamu tak kuat menahan itu semua.

 

 

7.    Bersikap Profesional

Dalam bekerja,kamu selalu dituntut untuk bersikap profesional dimanapun dan situasi apapun. Jika kamu merasa tidak nyaman atas perlakuan teman sekantor,tetaplah stay calm and take it for granted. Dengan bersikap profesional,mereka akan berpikir bahwa kamu adalah pribadi tangguh yang tahan dengan segala ancaman. Kamu adalah seorang yang kuat dan tahan banting,bro!

 

 


Itulah beberapa sikap yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk melawan rasa takut terhadap tindakan bully. 
Tetaplah bersikap profesional terhadap situasi apapun, Jangan sampai pendirianmu goyah hanya karena ulah beberapa orang yang ingin membuat karirmu hancur. 
Keep spirit!