Jawab Pertanyaan Wawancara : Kenapa Tinggalkan Perusahaan Lama?

Bee
by Bee
Mar 20, 2019 pada 11:04 AM

Ketika melamar pekerjaan,pasti ada satu titik dimana kamu akan diwawancarai oleh pihak perusahaan. Tak sedikit dari mereka yang masih kebingungan mencari jawabannya,apalagi ditanya soal alasan “kenapa kamu tinggalkan pekerjaan lamamu?” mau jawab ini itu rasanya kurang pas.

 

Ada berbagai alasan mengapa kamu berhenti dari pekerjaan seperti dipecat,kena PHK atau kamu sendiri yang memutuskan untuk resign. Dari 3 hal tersebut,mana sih kira-kira yang paling sulit untuk memberikan alasan?

 

Tiap orang memiliki masalah tersendiri,karena tidak semua orang memiliki kisah yang sama dalam hal ini. nah daripada bingung,yuk simak gimana sih caranya ngejawab pertanyaan itu, ini caranya:

 

1. Jika kamu DIPECAT

“Jangan terlalu jujur. Katakan bahwa perusahaan sedang improvisasi dengan budaya baru dan sadar bahwa dirimu bukan orang yang tepat”

Diberhentikan dari pekerjaan oleh perusahaan memang suatu hal yang tidak ingin dialami oleh siapapun. Bak mimpi buruk,hal satu ini memang tak tahu kapan datangnya,karena dipecat dari sebuah pekerjaan terkadang tidak bisa diprediksi. Jika kamu diberhentikan secara tidak hormat/dipecat,jangan langsung down ketika mencari pekerjaan baru. Kamu bisa mencari pekerjaan lagi dan jika ditanya mengapa kamu dipecat ada baiknya kamu tidak usah menceritakan semuanya,ceritakan part terbaik ketika masa-masa di kantor sebelumnya. Kamu bisa mengatakan alasan mengapa kamu diberhentikan seperti argumen bahwa perusahaan sedang menyesuaikan budaya baru sehingga dirimu sudah tidak diperlukan lagi di perusahaan. Tambahkan prestasimu selama di perusahaan,kira-kira apa sih yang udah kamu lakuin sejauh ini untuk membantu kesuksesan perusahaan?

 

2. Jika kamu DI-PHK

“Katakan bahwa PHK diluar kendalimu dan kamu sudah bersiap melamar di Perusahaan baru dengan kemampuan yang dibutuhkan”

Salah satu alasan perusahaan memberhentikan karyawannya bisa jadi karena kondisi perusahaan sedang tidak stabil,maka dari itu pengurangan pegawai pun diambil sebagai langkah yang tepat. Keputusan perusahaan untuk memutus hubungan kerja memang sangat menyakitkan bagi karyawan yang terkena dampak ini,akibatnya mereka bingung mau kemana lagi mencari pekerjaan. Namun PHK itu sendiri adalah keputusan bijak yang diambil oleh pihak perusahaan,bukan karena kamu melakukan kesalahan fatal. Ada baiknya kamu segera mencari pekerjaan baru dan katakan pada perusahaan baru kalau kamu benar-benar siap untuk menyongsong kegiatan baru di perusahaan nantinya. Tunjukan kemampuanmu bahwa kamu bisa,jangan ragu!

 

3. Jika kamu RESIGN

“Jangan katakan dengan hati hingga akhirnya curhat. Katakan saja kamu memerlukan sesuatu yang baru dan kamu serius untuk mengembangkan karir dan kemampuanmu.”

Ketika ditanya alasan mengapa keluar dari pekerjaan karena resign,jangan terlalu bertele-tele menceritakan alasannya. Pihak Interviewer akan bosan jika kamu bercerita bertele-tele. Katakan apa alasan paling penting mengapa kamu resign dari perusahaan. Jika bingung mau mengatakan apa,kamu bisa mengatakan bahwa kamu butuh suasana baru dan tantangan baru yang lebih membuat karirmu semakin maju,dan pada akhirnya kamu memilih perusahaan ini. Dalam bekerja kita butuh untuk selalu berkembang karena karir seiring berjalannya waktu akan sangat dibutuhkan perkembangannya. So,keluarlah dari zona nyaman untuk mencari pengalaman baru.

 

Itulah 3 macam jawaban yang bisa kamu gunakan ketika ditanya mengapa kamu berhenti dari suatu pekerjaan. Jangan pantang menyerah karena kegagalan di perusahaan yang sebelumnya,rezeki akan terus berdatangan jika kamu terus usaha. Berdoalah selalu kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selalu diberi kelancaran dalam mencari rezeki.  Semoga membantu !