“Kapan Anda Bisa Mulai Kerja?”, 6 Jawaban Ini Akan Membantumu!

Arief
by Arief
Jun 12, 2019 pada 4:58 PM

Keterima kerja di kantor idaman pasti jadi kabar gembira. Tetapi nggak jarang juga kita malah galau karena mendadak ada kondisi kurang mendukung. Tapi apakah pewawancara akan mengerti dan memahami kondisi yang sedang kita alami?

Makanya, kita perlu simak 6 jawaban untuk pertanyaan “kapan Anda bisa mulai kerja?” berikut ini

  1. Saat kita perlu mempertimbangkan ulang

Kadang kita juga perlu mempertimbangkan kembali apakah kesempatan tersebut kita terima atau nggak. Kalau kita butuh waktu untuk berpikir, kita bisa menentukan kapan waktu yang tepat.

Misalnya “Setelah saya memahami pekerjaan ini dan saya yakin bahwa pekerjaan ini tepat untuk saya. Saya akan memberitahu Anda paling cepat pekan depan. Bagaimana?”

  1. Saya bisa langsung kerja secepatnya

Kalau kita sudah mantap dan bisa langsung bekerja, hindari menjawab “hari ini” atau “besok”. Walaupun kita begitu senang karena sudah diterima kerja, tetapi kita harus tetap bijak dalam menjawab.

kita bisa tanyakan lebih dulu tentang urgensi posisi yang akan kita tempati. Contohnya kita dapat menjawab “Saya dapat bekerja kapan saja sesuai dengan kebutuhan perusahaan membutuhkan saya”

  1. One month notice

Nah, biasanya alasan ini jadi kegalauan tersendiri bagi beberapa orang yang masih bekerja di tempat dia bekerja sekarang. Jika situasi yang terjadi adalah seperti ini, kita dapat berkata jujur sehingga perusahaan mengerti kita sebagai karyawan yang juga bertanggung jawab.

kita dapat mengatakan “Saya senang sekali dapat bergabung secepatnya, namun saya harus menyelesaikan peran saya saat ini. Kemungkinan saya bisa bergabung satu bulan setelah masa resign saya. Bagaimana?”

  1. Butuh waktu untuk istirahat

Jika kita baru saja resign dan ingin mempunyai jeda waktu untuk masuk ke perusahaan yang baru, kita dapat berkata jujur kepada pewawancara.

Namun tidak perlu mengatakan secara detail, kita dapat mengatakan waktu ideal untuk mulai bekerja, seperti “Kemungkinan saya akan mengambil beberapa minggu untuk membereskan semuanya. Saya akan segera bergabung dalam dua minggu ini. Apakah Anda tidak keberatan?”

  1. Jika freshgrad atau belum lulus

Teruntuk kita calon sarjana yang sebentar lagi lulus atau akan menjalani wisuda, kita pasti bingung bagaimana menjawab pertanyaan ini.

Tenang saja, jawablah “Saya harus menyelesaikan upacara wisuda pekan depan, saya akan bergabung satu minggu setelahnya. Jika memerlukan lebih cepat, bisa kita diskusikan terlebih dahulu”

  1. Pindah lokasi tempat tinggal

Jika kita harus pindah lokasi karena pekerjaan baru dan kota kita tinggal berbeda, maka berundinglah dengan pewawancara untuk waktu yang tepat.

Jujur saja jika kita masih akan mengurus relokasi yang tidak mudah dan membutuhkan waktu. Katakanlah “Saya bersedia untuk ditempatkan di kota ini, namun apakah perusahaan dapat memberikan keringanan waktu untuk saya mengurus kepindahan saya ke kota ini?”

Itulah 6 cara menjawab pertanyaan “kapan bisa mulai bekerja” sesuai dengan kondisi yang kita alami. Jangan bingung dan lakukanlah secara professional. Yakinlah pewawancara akan memahami kondismu karena mereka juga membutuhkanmu. (Elleta)