Kamu Kena PHK? Jangan Takut, Baca Ini!

Nafisah
by Nafisah
Jan 03, 2019 pada 10:38 AM
Kategori: Trending Topic

oleh : Akbar

UMR atau Upah Minimum Regional ini setiap tahun selalu naik di Indonesia. Menaikkan UMR menurut pemerintah untuk sedikit merubah nasib para buruh yang bekerja diperusahaan - perusahaan besar. Memang benar para buruh mendapatkan sedikit lebih banyak gaji dari sebelumnya. Namun ternyata hal ini juga menjadi boomerang bagi para buruh.

 

Gelombang PHK banyak terjadi karena perusahaan tak mampu membayar nilai yang sebegitu besarnya. Di Jawa Timur sendiri ada beberapa pabrik yang memutuskan menghentikan produksi karena tidak mampu membayar upah buruh sesuai dengan UMR yang diberlakukan. Hasilnya PHK besar - besaran.

 

Hal Seperti ini ternyata tidak hanya di pabrik - pabrik produksi. Dari Perusahaan yang menawarkan jasa pun bisa mengalami defisit. Seperti perusahaan Cleaning Service terbesar di Dunia yakni ISS, Kabarnya ISS akan mem PHK 100.000 pegawainya. 100ribu pegawai ini tersebar di beberapa negara seperti Thailand, Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam, Brasil, Israel, Cile, Rep ceko, Estonia, Hungaria, Slovakia, Slovenia dan Romania.

 

13 Negara yang menurut ISS Sudah tidak lagi bisa memberikan laba bahkan perusahaan merugi karena memberikan jasa Cleaning SErvice tersebut. Untuk Mengatasi hal ini Pihak ISS memberlakukan strategi baru dalam bisnisnya yakni fokus pada memberikan pelayanan pada klien - klien besar di setiap negara.

 

Jadi memang kadang PHK tidak melulu kesalahan pemerintah karena menaikkan UMR, bisa juga karena iklim bisnis yang kurang bagus di negara ini. Iklim bisnis yang buruk bisa mengurangi laba bahkan minus.

 

Balik Ke Indonesia Nih, Sekarang bagaimana dengan nasib para Pekerja yang kena PHK. Sebenarnya Menurut UU no 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan, pasal 156 ayat 1 megnatakan para Pkerja yang kena PHK bisa mendapatkan pesangon. Sayangnya di Indonesia banyak juga pekerja yang tidak mendapatkan pesangon padahal ada yang sudah bekerja hingga puluhan tahun di perusahaan tersebut.

 

Nasib para pekerja atau pegawai yang kena PHK ini bermacam - macam. Ada yang langsung bangkit dengan mencari pekerjaan baru, biasanya dilakukan mereka yang usianya masih tergolong muda. Hal berbeda dilakukan para korban PHK usianya tergolong sudah tua mungkin sudah masuk 40 tahun keatas. Pada usia ini memang cukup sulit mencari pekerjaan baru.

 

Jika kamu kesulitan mencari kerja tetap, bisa melakukan freelance job, buat yang punya hape android dan motor bisa daftar menjadi ojol, atau yang punya keahlian masak dikit dikit bisa buka warung kecil - kecilan. Jualan gorengan, es Dll. SEmbari mencari pekerjaan tetap.

 

Lalu bagaimana mengatasi gelombang PHK ini terhadap diri sendiri. Selain langsung mencari kerja kalau langsung dapet sih, kalau tidak ?. Kamu bisa melakukan perubahan gaya hidup, jika biasanya sering makan dengan beli diluar, sekarang harus lebih berhemat dengan memasak dirumah saja. Mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Hal tersebut dilakukan sampai mendapatkan lagi pekerjaan baru. Ya memang harus bersabar untuk bisa bertahan di dunia yang super ketat persaingannya.

 

Intinya PHK itu bukan akhir dari segalanya, memang tidak mudah, tapi kamu gak boleh menyerah. Karena selalu ada jalan keluar jika mau berusaha. Sekian artikel tentang PHK kali ini. Semoga bisa memberikan motivasi kepadamu. Buat yang belum dapat kerja bisa nyari nyari lowongan kerja di Blog Maukerja.id ini. Dan saya doakan kamu bisa diterima. Amiiiin. Sampai jumpa lagi.