Manfaat kerja magang setelah lulus kuliah, pemula wajib baca!

Ulfia
by Ulfia
Dec 06, 2018 pada 6:57 AM
Kategori: Info Karir

Banyak orang yang beranggapan bahwa masa-masa fresh graduate adalah masa yang penting dalam memutuskan jalur karir untuk masa depan. Momen seseorang lulus wisuda atau fresh graduate merupakan momen yang penting karena merupakan masa-masa transisi dari dunia akademis menuju jenjang profesionalisme. Namun sayangnya fresh graduate sering tidak dapat pekerjaan yang mereka inginkan karena keterbatasan kualifikasi mereka (umumnya jumlah tahun pengalaman kerja). Nah untuk mengatasi hal tersebut, tidak jarang fresh graduate memilih untuk mengambil magang atau internship. Berikut manfaat fresh graduate yang didapat melalui program internship:

 

1. Membangun relasi dan networking

Manfaat pertama dalam internship adalah kita dapat membangun relasi dan networking kita dengan banyak orang. Terlebih lagi kesempatan untuk dapat berkenalan dengan rekan kerja yang memiliki jabatan atau posisi tinggi di kantor. Semakin luas pergaulan kita selama magang, besar pula kemungkinan untuk mendapat kesempatan mendapat pekerjaan lain bila rekan kerja kita mengetahui performa bagus kita selama magang. Dengan kata lain, menjalin pertemanan dengan rekan kerja dapat membuka pintu rezeki yang mungkin saja tidak pernah Anda duga

 

2. Menambah pengalaman kerja

Magang setelah lulus kuliah dapat menjadi alternatif untuk mengisi kolom pengalaman kerja di CV looh. Meskipun bukan menjadi karyawan tetap, HRD akan mengapresiasi usaha kita untuk belajar dan kita sudah dapat dipastikan telah memahami seperti apa suasana bekerja khususnya dalam bidang yang kita tekuni. Pernah magang artinya kita sudah memiliki gambaran mengenai pekerjaan tersebut, ini lebih baik daripada sama sekali tidak mengetahui apa-apa karena belum pernah praktik. Nah gimana ada benernya juga kan

 

3. Meningkatkan kualitas diri

Nah yang satu ini adalah bagian terpenting dimana sebagai seorang intern kita dituntut untuk dapat belajar sambal bekerja. Bedanya belajar dikampus dan saat terjun di dunia kerja akan sangat terasa karena kita benar-benar dituntut untuk menghasilkan sebuah progress dari pembelajaran kita. Dengan banyaknya sharing ilmu pengetahuan antar teman kantor kita bias memperoleh masukkan yang bisa  jadi sangat berguna bagi kita saat selesai masa internship nanti.

 

4. Kesempatan untuk bekerja full-time

Manfaat lainnya yang kita peroleh jika mengikuti program internship adalah adanya kemungkinan bahwa kita bakal mendapatkan perpanjangan kontrak sebagai full-timer di tempat magang tersebut. Wahh asikk kan dapet kerja tempat yg kita udah familiar. Internship juga bisa menjadi ajang bagi kita untuk menunjukkan kemampuan kita dalam bekerja menyelesaikan perintah atasan. Biasanya atasan atau supervisor akan melihat performa kita semasa internship dalam penentuan pengangkatan sebagai pegawai tetap.

 

5. Memikirkan jalur karir lebih jelas melalui pengalaman bekerja

Jika kita tidak terlalu yakin dengan jalur karir yang telah kita pilih, maka dengan adanya internship kita bisa mencopa jalur karir yang kita rasa sesuai dengan kita. Jadi selama masa internship sebaiknya kita benar-benar merasakan apakah karir yang kita pilih sesuai dengan passion dan kemampuan kita. Jika tidak, setelah masa magang brakhir kita bisa memilih jalur yang ingin kita coba atau jalur yang baru dan menurut kita menarik minat.

 

 

) >