Pertolongan Pertama Saat kita Alami Quarter Life Crisis

Arief
by Arief
Jun 12, 2019 pada 4:58 PM
Kategori: Gaya Hidup

Tertekan, tidak percaya diri, tidak aman, gampang kecewa dan merasa kesepian? Waspadalah karena kita sedang mengalami quarter life crisis.

Jika kita sedang berada dalam rentang umur 20 sampai 30 tahun dan sedang mengalami perasaan tersebut terus menerus, maka kita harus mulai mengenali yang namanya quarter life crisis. Biasanya ini sering dialami para milenial loh. Yuk simak lebih jauh tentang kondisi quarter life crisis yang kita alami.

Apa yang menjadi penyebab terjadinya quarter life crisis?

Sebuah survey mengatakan 75% dari milenial yang menghadapi situasi ini mempunyai penyebab karena penggunaan media sosial. Dimana perilaku penggunaan media sosial menyebabkan orang membandingkan hidupnya dengan orang lain.

Misalnya ketika kita saat ini berumur 25 tahun dan masih bekerja di kantor, tetapi teman kita yang lain berumur sama sudah menjadi seorang pengusaha. Hal ini menimbulkan quarter life crisis pada diri tanpa sadar.

Beberapa hal lain yang memancing timbulnya kondisi quarter life crisis adalah percintaan, lingkungan teman, karir dan gaya hidup. Data lain juga menunjukan jika yang banyak mengalami kondisi ini adalah perempuan yang dimana mereka merasa kesulitan mencari pekerjaan yang sesuai passion, belum memiliki rumah, dan juga pasangan.

Apalagi ditambah dengan gaya hidup kekinian yang menuntut milenial mencari pendapatan yang terus menerus lebih dan lebih.

Lalu, bagaimana cara mengatasi quarter life crisis?

Tenang saja, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari atau menghilangkan kondisi tersebut yaitu:

  1. Jika kita sedang ragu dengan kemampuan diri sendiri, ada baiknya kita mengambil waktu sejenak untuk mengenali diri yaitu dengan kelebihan yang kita miliki. Setiap orang mempunyai nilai lebih dalam dirinya hanya saja berniat untuk mengembangkan atau tidak.

  2. Jika kita sedang cemas tak menentu, kita lebih baik mulai menyingkirkan sejenak lingkungan yang tidak membuatmu berkembang. kita juga dapat melakukan kegiatan yang dapat membuatmu nyaman, misalnya seperti menghilang sejenak dari media sosial dan bermain di dunia nyata.

  3. Jika kita sedang tidak ada tujuan hidup, maka kita harus coba untuk refreshing sejenak, entah melakukan hobimu, jalan-jalan atau liburan. Dengan melihat dunia luar, kita akan menemukan banyak hal yang mungkin akan menginspirasimu untuk melakukan sesuatu.

  4. Jika kita sedang sulit bersyukur dan kadang tidak puas dengan yang didapat, kita harus percaya jika masalah memang ada dalam hidup kita namun itulah yang akan mendewasakanmu. Bersyukur dan menerima apa yang terjadi dalam hidup akan membuatmu menjadi pribadi yang selalu berpikir positif dan menerina semua dengan lapang dada. Ingat, kita itu berharga!

  5. Jika kita sedang frustasi, tenangkan diri dan carilah sumber frustasi tersebut. Cari solusi dengan pikiran yang tenang dan terbukalah dengan orang lain. Dengan begitu kita meringankan bebanmu loh. (Elleta)