Ribuan sarjana tak kunjung dilirik perusahaan

Ulfia
by Ulfia
Dec 06, 2018 pada 10:07 AM
Kategori: Info Karir

Sudah tak asing lagi memang di telinga kita nih ya. Bahwa lulus kuliah belum tentu jaminan langsung dapat kerja, kenyataan ini memang cukup pahit bagi kamu para mahasiswa. Data menunjukkan bahwa dalam setiap tahunnya lulusan dari perguruan tinggi mencapai 250ribu orang. Hal tersebut cukup banyak karena perkembangan juga terjadi di sektor industri dalam satu dekade tarakhir ada kurang lebih 3,98 juta perusahaan baru muncul di tanah air.

Dengan perkembangan tersebut berdasarkan data dari Badan Pusat statistik ada kurang lebih 26,71 juta perusahaan di Indonesia. Namun sayangnya 8 dari 10 perusahaan tersebut masih kesulitan mendapatkan lulusan perguruan tinggi dalam negeri siap kerja, data tersebut didapatkan dari Willis Towers Watson dalam sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2014 lalu.

Lalu apa yang menyebabkan lulusan perguruan dalam negeri kesulitan mendapatkan pekerjaan. Salah satu yang menjadi faktor utama ternayta adalah kurikulum yang masih diberlakukan sampai sekarang sudah ketinggalan jaman dan sudah tidak dibutuhkan oleh perusahaan. Kalau sudah seperti ini memang susah, karena kamu sendiri juga gak mungkin melakukan tuntutan untuk merubah kurikulum sebuah universitas.

 

Jalan keluarnya adalah melakukan action, nah action apa yang bisa kamu lakukan, yakni meningkatkan kualitas diri dengan beberapa cara berikut ini :

 

1. Ikut bootcamp/online course untuk meningkatkan kemampuan pada bidang tertentu. Seperti binar academy, pruwadhika school,  atau udemy

Ikut kelas - kelas Online / bootcamp dengan kompetensi yang berbeda dari kampusmu memang sangat diperlukan. Karena pada kelas ini kamu akan mendapatkan ilmu yang tidak didapatkan ketika di kampus. Mugkin saja kelas yang diikuti memiliki standar perusahaan. Seperti kompetensi untuk mengcoding, parsing java dll.

 

2. Ikut program magang untuk upgrade skill dan pengalaman

Ikut program magan memang terdengar remeh, serta mengeluarkan banyak biaya. Namun apa yang akan didapatkan dari program magang sendiri sangatlah banyak. Pengalaman bekerja, upgrade skill kamu yang sebelumnya cuman tau teori dan teori.

Dalam dunia magang kamu juga akan melihat seperti apa sih dunia kerja itu, bagaimana persaingan di dunia kerja, lalu bagaimana menyelesaikan sebuah masalah dalam sebuah pekerjaa.

 

3. Lakukan rumus 80 : 20, 80% jam dalam sehari untuk mengerjakan pekerjaan terkait kuliah, 20% untuk mengerjakan project pribadi untuk meningkatkan skill"

Pernah gak terpikir di benak kamu ketika masih kuliah untuk melakukan atau mengerjakan sebuah projek - projek minor, seusai dengan skill yang kamu miliki. Misalnya kamu yang kuliah di jurusan IT membuat projek Aplikasi android atau software PC. Mengerjakan projek - projek ini kamu bisa langsung mengaplikasikan ilmu yang kamu dapat ketika di kelas, sehingga tidak akan mudah lupa. Dan ketika kamu menyelesaikan projek ini, kamu bisa menjualnya atau mengunggahnya ke app store dan mendapatkan uang.

Sambil menyelam minum air kan. Namun untuk pengerjaan projek tidak perlu tergesa - gesa santai saja, fokus utama adalah menyelesaikan kuliahmu.

 

Jadi kamu sudah mendapatkan sedikit pencerahan bukan kenapa banyak sarjana di tanah air ini tidak mendapatkan pekerjaan. Perusahaan membutuhkan orang yang tepat untuk dipekerjakan, tidak hanya melihat ijasah yang kamu miliki. Makanya jangan iri jika ada rekan kerja lulusan SMA yang memiliki jabatan lebih tinggi dari kamu yang ber tittle sarjana. Mungkin saja kemampuan dan pengalaman kerjanya jauh diatas kamu. Jangan patah semangat, terus optimasi diri sendiri, upgrade ilmu. Perlahan tapi pasti Insha Allah banyak perusahaan yang akan melirik kemampuan kerenmu.

Sekian artikel kali ini, semoga banyak membantu dan memotivasi kalian semua, terima kasih sudah membaca, sampai jumpaaa.

) >