Tenang, Ditolak Perusahaan Bukan Akhir dari Hidupmu

Nafisah
by Nafisah
Nov 06, 2018 pada 9:00 AM

Memang menyakitkan jika ditolak sana sini oleh perusahaan. Terlebih lagi jika kamu sudah mendambakan perusahaan ‘itu’ sejak lama. Apapun yang terjadi,hidupmu harus tetap berjalan,karena jika kamu berhenti,kamu tidak akan tahu di bagian mana kesempatan terbaik menghampirimu.

Ada beberapa alasan yang mungkin bisa kamu renungkan lagi mengapa hal itu bisa terjadi. Kamu harus berdamai dengan realita,walaupun hal yang kamu inginkan gagal untuk kamu capai,ingat! Ada banyak jalan menuju Roma.

 

Jadi,menyerah bukan sebuah keputusan tepat untuk saat ini,kamu hanya perlu memahami dirimu sendiri sebelum melangkah lagi menuju sesuatu yang baru. Ada beberapa hal yang mungkin tak terlintas dipikiranmu,seperti :

 

“Ada yang lebih membutuhkan keahlianmu...”

 

Apa kamu pernah memikirkan sebelumnya,mungkin saja ada diluar sana ada yang lebih membutuhkan keahlian kita tanpa kita ketahui,terkadang kita dibutakan oleh kegagalan yang baru saja terjadi,namun kamu juga harus bangkit dan membuat persepsi bahwa kamu ‘dibutuhkan’ orang lain. Keberuntunganmu mungkin belum berpihak pada perusahaan yang sudah kamu coba,optimislah keahlianmu akan dibutuhkan di tempat yang tepat.

 

“tenangkan pikiran dan pahami diri sendiri..”

 

Tak perlu terlalu terburu-buru,kemungkinan kamu butuh rehat sejenak dan move on dengan apa yang sudah terjadi. Memang butuh waktu yang tidak sebentar,namun rileksasi diri sangat diperlukan agar kamu bisa berpikir jernih untuk rencana baik kedepannya. Istirahat dari rutinitas perlu dilakukukan untuk mencegah stress,dengan melakukan olahraga,berekreasi atau melakukan kegiatan spiritual dengan mendekatkan diri pada Maha Pencipta. Belajarlah untuk mengatur mood dan mengontrol tekanan mental se-optimal mungkin. Sejatinya kamu hanya perlu memahami diri sendiri.

 

“jangan terlalu banyak apply pekerjaan tanpa tujuan....”

Ketika kamu gagal mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan,mungkin kamu akan terus mencari dan berusaha apply resume kesana kemari yang justru membuatmu semakin bingung. Jangan terlalu menggebu untuk apply pekerjaan baru,apalagi kamu tak memahaminya alias tanpa arah yang pasti. Kamu bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion dan keahlianmu,agar kelak ketika menjalaninya kamu akan mampu menguasainya. Sebenarnya tidak ada salahnya jika kamu terus mencari pekerjaan walaupun tak sesuai dengan keahlianmu,kamu bisa sambil belajar nantinya jika sudah bekerja,namun perlu kamu pertimbangkan lagi karena bekerja tanpa keahlian yang pasti justru membuatmu kesulitan dalam beradaptasi.

 

“cobalah sesuatu yang baru untuk menggali potensi dalam dirimu...”

 

kamu bisa mengikuti kursus keahlian yang belum pernah kamu coba sebelumnya,seperti kursus memasak,salon,bahasa asing, atau belajar bisnis bersama pebisnis yang ada di sekitarmu. Selain menambah pengetahuan,nantinya hal tersebut akan sangat berguna ketika kamu sudah memasuki dunia pekerjaan. Jika kamu ingin mencari penghasilan sementara,kamu bisa bekerja parrtime disebuah cafe ataupun toko-toko untuk mengisi waktu luangmu. sembari belajar,kamu bisa apply pekerjaan baru lagi. Gunakanlah waktu senggangmu sebaik mungkin,daripada kamu hanya meratapi apa yang sudah terjadi,lebih baik memanfaatkan waktu untuk hal yang bermanfaat, Ingat! Waktumu sangat berharga.

 

“Tutup telinga, jangan dengarkan orang, jalani hidupmu sendiri”

 

memang menyebalkan jika ada orang lain bahkan orang terdekatmu yang mencibir kegagalanmu. Tak perlu pikirkan hal itu karena hanya akan membuatmu menjadi terbebani oleh perkataan mereka yang sejatinya mereka-pun tidak berpikir sebelum mengeluarkan kata-kata menyayat hati itu. Kamu harus bangkit dan buktikan kepada mereka bahwa kamu bisa dan tidak seperti yang mereka pikirkan. Jalani hidupmu sendiri,karena yang dapat merubah hidupmu menjadi lebih baik adalah dirimu sendiri.

 

Teruslah berusaha dan berjuang untuk apapun yang kamu inginkan,berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain kerja keras yang kamu jalani,keberuntungan juga datang dari Sang Maha Pencipta.

 

Semoga keberuntungan selalu berpihak padamu.  Good Luck !

 

 

 

) >