Tips Ampuh Pindah Jalur Karir, Kamu Siap?

Nafisah
by Nafisah
Feb 11, 2019 pada 1:57 AM
Kategori: Info Karir

Ditulis Oleh : Hanun

Tahun sudah berganti nih,adakah rencana untuk pindah jalur karir? 

Dalam sebuah pekerjaan,terkadang kita menginginkan banting setir ke karir yang berbeda. Mereka memilih pindah jalur karir karena ingin merasakan sensasi yang berbeda,tantangan baru maupun suasana baru agar tidak bosan.

Namun ada beberapa orang menginginkan pindah jalur karir karena merasa tidak cocok dengan apa yang dijalaninya selama ini. Daripada merasa tertekan karena job yang tidak sesuai passion lebih baik memilih karir yang sesuai dengan passion.

Pada masa kegelisahan tersebut,menentukan mau pindah atau tidak maka sebaiknya kamu mengevaluasi dirimu sendiri apakah memang perlu pindah atau tidak,yuk simak beberapa hal dibawah ini :


Evaluasi kepuasan kerja kamu saat ini 

Sebelum kamu pindah haluan,ada baiknya kamu mengulik hasil kerjamu selama ini. Tak hanya hasil saja namun juga kepuasan batin,apakah cukup membuatmu puas atau tidak? Dalam bekerja memang tak hanya hasil saja yang bisa membuatmu puas,ada kepuasan yang paling utama yaitu kepuasan batin atas kerja kerasmu selama ini. apakah pekerjaanmu selama ini dihargai oleh atasan? Jika ya,maka beruntunglah kamu karena apresiasi adalah bentuk penghargaan yang mahal. Kepuasan dapat kamu lihat dari seberapa jauh kamu merasa bangga dengan hasil kerjamu,semakin kamu merasa bangga maka kepuasan tersebut sudah kamu dapat,eitsss namun jangan jadi sombong yaa..

 

Tentukan jalur karir yang di inginkan 

Rencanakan baik-baik karir yang akan kamu ambil nantinya,jangan asal ambil karena terlihat menarik saja. Kamu tidak mau kan merasa menyesal karena telah melepaskan karirmu yang dulu?? Padahal dirasa karir yang dulu lebih nyaman daripada sekarang. Nah,untuk menghindari hal ini,kamu harus mencari tahu lebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari jalur karir yang akan kamu ambil nantinya. Kamu bisa mencari informasinya dari orang-orang yang pernah menggeluti dunia tersebut. Kamu juga bisa mengamati pelan-pelan bagaimana sistem pekerjaan itu dengan mengikuti perkembangannya beberapa waktu. Jika dirasa memang sudah cocok dan kamu bisa menerima semua konsekuensinya,maka segeralah untuk mengambilnya.

 

Tentukan minat, nilai, dan keterampilan kamu 

Sama halnya dengan point nomor 2,evaluasilah dirimu sendiri seperti minat,nilai dan ketrampilan karena nantinya kamu juga akan dituntut untuk bisa mengerjakan jobdesc yang baru. Kamu bisa membuat list apa saja ketrampilan yang sudah kamu kuasai selama ini. Berusahalah untuk selalu mengupdate kemampuanmu agar tidak itu-itu saja,maka hal ini diperlukan mawas diri untuk selalu belajar dengan kemampuan baru. Tanyakan terhadap dirimu sendiri apakah kamu cukup kompeten di bidang yang akan kamu tempati nantinya? Apakah kamu selalu kompeten dengan tugas-tugas sebelumnya? Membuat list tersebut berguna untuk mengingatkanmu tentang apa yang sudah kamu capai selama ini tentunya untuk perbaikan kedepannya.

 

Rencanakan waktu yang tepat untuk pindah jalur 

Setiap orang memiliki rencana jangka panjang maupun jangka pendek,untuk itu kamu harus merencanakan hal ini untuk menentukan waktu yang tepat kapan harus pindah jalur. Usahakan semua tugasmu sudah terselesaikan dengan baik sebelum pindah jalur,karena kamu tidak ingin mengecewakan orang-orang di divisimu kan? Untuk itu mulailah perencanaan yang matang agar semua berjalan dengan lancar dan tentunya tidak merugikan pihak lain. Sembari menunggu kepindahan,ada baiknya kamu bersabar dan serahkan semuanya kepada Tuhan.

 

Persiapkan CV sebaik mungkin 

Hal yang tak kalah pentingnya adalah menyiapkan CV!
Tulislah hal-hal yang selama ini telah kamu capai kedalam CV,jangan lupa menambahkan infografik yang menarik,tentunya agar menambah sisi seni didalam karya CV mu. Dengan membuat CV yang ciamik abis maka yang baca gak akan bosen deh buat liat-liat CV mu. Namun jangan terlalu bertele-tele ya,jatuhnya gak keren tapi alay!

 

Tonjolkan semua prestasi kerjamu selama ini

Hal yang paling dibutuhkan ketika mendaftar pekerjaan adalah skill! Untuk itu pengalaman selama ini yang telah kamu capai,tulislah dengan jelas dan signifikan. Tunjukan bahwa kamu dibutuhkan di perusahaan tersebut dengan sederet skill yang telah kamu miliki.

Itulah tips-tips agar kamu tak salah dalam pindah jalur karir. Semua orang ingin memiliki suasana baru agar memaksimalkan passionnya. Nikmatilah prosesnya,karena yang namanya bekerja itu dimana-mana sama saja,tergantung bagaimana sikapmu dalam menghadapi itu semua. Selalu bersyukur terhadap apa yang sudah kamu raih selama ini. 

 

Semangat! Jangan lupa klik lowongan pekerjaan terbaru 2019 hanya di www.maukerja.id