Trik Marketing Agar Menarik Perhatian Konsumen

Bee
by Bee
Feb 08, 2019 pada 9:22 AM
Kategori: Marketing

Oleh : Akbar

Hayo Siapa nih kerja dibagian marketing, pasti kalian sedang berpikir dan berpikir untuk meningkatkan omset penjualan dengan berbagai cara. Menjadi seorang marketing memang haruslah kreatif, ulet dan pantang menyerah. Seperti apa yang dilakukanoleh SPG dari air mineral Fiji di Golden Globe 2019.

 

SPG Air Mineral Fiji ini sukses menggaet perhatian banyak orang di perhelatan Golden Globe Awards 2019 lalu yang berlangsung di Beverly Hills, AMerika Serikat. SPG yang diketahui memiliki nama Kelleth Cuthbert sukses menjadi viral karena usahanya dalam mempromosikan produknya. Dia begitu ulet, pantang menyerah serta percaya diri. Pantas untuk dijadikan contoh para pelaku marketing. Mau jadi SPG/SPB hebat atau orang marketing yang keren. Coba dah ikuti beberapa tips berikut ini.

 

1. Temui berbagai orang

Mengenal berbagai karakter orang adalah salah satu modal penting seorang marketer. Kenapa dengan mengetahui karakter orang lain kamu akan dengan mudah melakukan pendekatan dengan sudut pandang yang berbeda - buda pula. JIka cocok melakukan closing terhadap konsumen bukan hal yang sulit dilakukan.

Selain itu menemui banyak orang juga bagus untuk memperluas jaringan kita. Memperluas pertemanan. Kalau punya banyak jaringan ataupun teman, memasarkan produk ini jadi lebih enak dilakukan loh.

 

2. Tunjukkan keahlian kamu

Yup SPG/SPB  dan sales sebagai salah satu ujung tombak di dunia marketing memang perlu diberikan breafing lebih tentang pengenalan produk. Fungsinya apa, supaya para ujung tombak ini tahu sampai detail produk yang akan dia jual. Keuntungannya adalah kamu bisa sebagai SPG/SPB bisa mengeluarkan jurus terbaikmu guna menggaet para calon pembeli. atau kamu bisa mengkombinasikan jurus-jurus lain yang kamu miliki sebagai seorang marketer.

Seperti apa yang dilakukan oleh SPG Dari air mineral Fiji yang saya singgung di paragraf pembuka. Si Kelleth ini sadar dia tidak bisa begitu saaja menawarkan produknya kepada para tamu yang sebagaian besar adalah artis dan juga produser ternama, jika dia menawarkan secara gamblang pada para tamu malahan akan menurunkan citra produknya.  Kelleth menemukan cara lain dia dengan sengaja nampang di beberapa foto artis yang tengah action dan diambil para jurnalis, dengan senyumnya yang khas, wajah yang cantik, gak heran jika dia langsung viral dan menjadi bahan omongan. Siapa yang diuntungkan selain Kelleth ya si empu Air Mineral Fiji donks.

 

3. Buatlah sebuah kompetisi berhadiah

Tehnik marketing ini sudah sangat sering dilakukan dan sangat umum, namun efeknya terhadap produk juga signifikan. Oleh karena itu teknik marketing ini tetap menjadi andalan para marketer. Dengan memberikan hadiah namun kalian harus berkompetisi.

Contohnya nih adalah pemberian sebuah giveaway di Instagram, syaratnya dalah kamu harus ngetag beberapa teman kamu, serta mengajak teman kamu untuk komen di postingan IG tersebut. Atau challenge lain nih kaya repost gitu dengan like terbanyak. Impactnya pada produk adalah semakin dikenali, konsumen semakin penasaran hal ini akan berujung pada lead penjualan. Nilai bonusnya dari strategi ini adalah bertambahnya Follower IG di akun resmi perusahaan. Mantap kan.

 

4. Gunakan strategi pemasaran yang berbed-beda

Seorang marketer yang hebat tidak akan melakukan hanya satu startegi untuk memasarkan produknya. Banyak cara yang harus dilakukan. Jika pada poin tiga tadi itu melakukan kompetisi berhadiah.  Strategi lain yang bisa kamu lakukan sebagai marketer mungkin melakukan workshop bekerja sama dengan artis atau publik figur gitu sehingga para calon konsumen nantinya semakin tertarik dan penasaran dengan produk yang kamu tawarkan. Banyak banget sebenarnya hal yang bisa dilakukan, kalau via media online bisa deh kamu bikin artikel review lalu sponsorin di FB Ads, Instagram Ads dll. kerja sama dengan selb yutub, seleb IG untuk bikin video lucu dan unik.

 

Bagaiman gaes artikel pencerahan di atas apakah sudah membuka mindset mu dalam memasarkan produk, think out of the box jadilah kreatif dan unik. Maka startegi pemasaranmu pasti bisa diterima masyarakat. Sekian artikel kali ini, terima kasih sudah membaca. Sampai jumpa lagi.